Jumat, 28 September 2018

Tugas Kuliah - Bikin Brosur

Hoala!
Sebagai anak jurusan pariwisata, sering banget denger kalimat "wah anak pariwisata mah enak dong jalan-jalan terus!". Hmm well, nggak salah juga sih sebenernya. Karena emang kebanyakan tugas kita itu semacam observasi ke destinasi wisata dan selanjutnya bikin laporan. Meskipun nggak semua mata kuliah ada tugas semacam itu, setidaknya dalam satu semester kita pernah atau beberapa kali berkunjung ke suatu destinasi. Seru? Yaa.. yang namanya datang ke tempat wisata, alhamdulillah seru.

Curhat dulu ya.
Agak nyeleneh sih kalau diinget-inget lagi. Aku ini dulunya anak ipa, orangnya suka seni & sastra, terus betah diem di rumah, tapi akhirnya bisa nyemplung di kuliah pariwisata yang umumnya tentang ilmu sosial dan sering pergi-pergi. Menurutku ini bukan suatu masalah, karena sampai saat ini belum ada pikiran "kayaknya aku salah jurusan deh". Di sini aku merasa masih bisa menemukan benang merah antara kepribadianku dan ilmu yang dipelajari di kampus. Di jurusan pariwisata ini aku merasa dituntut untuk menjadi seorang konseptor. Nah seenggaknya, aku yang suka 'seni' ini bisa nyambung dengan apa yang aku jalani sebagai seorang mahasiswa pariwisata.

Menurutku, seni bukan cuma tentang keindahan dari sesuatu yang tampak mata. Tetapi bisa lebih dari itu, misal seni dalam berpikir, seni dalam mengonsep sesuatu, seni dalam berinteraksi, dan lain-lain. Dan semua itu bisa aku dapatkan di jurusan ini. Jadi seni disini bukan hanya tentang kemampuan kita, tetapi juga tentang bagaimana kita mengolah kemampuan tersebut agar memiliki nilai lebih dan bisa diterima dengan baik oleh orang lain. 

Sebelum semakin salah fokus, mari kita bahas salah satu tugas yang udah aku buat ini. Bukan sejenis laporan yang membosankan, cuma brosur biasa. Tapi masih melibatkan sisi seni & kreatifitas elfahaha kok :)) Maaf untuk yang udah berekspetasi tinggi, aku cuma bisa ngasih ini. haha





Waktu pertama kali dikasih tugas semacam ini, aku sempet panik karena sebelumnya belum pernah belajar bikin-bikin yang kayak gini. Bukan bingung masalah kontennya, tapi bingung harus bikin pake aplikasi apa karena sebagai alumni kurtilas waktu SMA, aku ini bisa dibilang buta ICT.  Karena gak ada pelajarannya sama sekali. Kebetulan juga, si akunya gak ada inisiatif untuk belajar sendiri waktu itu. he he

Jadi untuk memudahkan aku yang gak bisa desain grafis pake aplikasi khusus, aku merasa tertolong oleh si Microsoft Publisher. Karena di situ kita bisa langsung edit sesuai layout yang udah disediain. Tinggal masukin konten yang kita mau, entah itu text atau gambar.

Nah karena aku ini anaknya 'bandel', jadi nggak pake layout atau tema yang udah ada. So, aku bikin dimulai dari blank paper dan atur tema sendiri. Tujuannya biar sesuai dengan yang diinginkan.

Bagian dalam

Untuk gambar-gambarnya sendiri, emang bukan aku langsung yang motret. Tapi sebelum dimuat ke brosur, aku izin dulu ke yang punyanya. Ada yang dari akun instagram seorang traveler, ada juga dari akun Explore Bandung.

Dalam pemilihan gambar, sengaja aku pilih yang sekiranya bisa mewakili isi konten. Jadi kita nggak perlu banyak menjelaskan lewat kalimat panjang, biar gambar yang berbicara hehe. Lagian kalau kebanyakan text, nanti yang ada orang malah jadi males baca sehingga apa yang mau kita sampein malah gak sampe.

Dan yang nggak kalah penting waktu milih gambar yaitu pilih yang tone-nya gak jauh beda, dari gambar satu ke yang lain jadi nyambung warnanya. Tujuannya biar apa? (Kalau aku) biar memudahkan dalam menentukan tema warna dari brosurnya nanti & bikin orang tertarik dan betah ngeliatnya.


Bagian luar
Ini lebih ke tema minimalis, warna yang aku pake juga kalem. Karena ini tugas individu, jadi bisa banget disesuaikan dengan selera sendiri hehe. Tapi inget ya guys, informasi yang dimuat harus lengkap meskipun kelihatannya gak banyak text. Karena ini brosurnya mengenai satu destinasi, jadi cukup dengan mencantumkan informasi geografis, atraksi dan atau daya tarik yang ada, informasi transportasi yang bisa menjangkau lokasi, tentang jam operasi dan ketentuan tarif/biaya masuk.

Cukup segini dulu sharing kali ini.

Semoga ini bisa jadi bahan referensi ide buat temen-temen semua^^

1 komentar:

  1. Infonya menarik poll... thanks gais. untuk sharingnya :D

    ===
    Ads:
    =========
    Termudah.com ada cara apapun yang sangat mudah

    BalasHapus