Saturday, January 12, 2019

DIY - Membuat Pin dari Kain Goni

Oke, postingan pertama di tahun 2019 ini kita mulai dengan postingan DIY.

Ternyata kreatif itu nggak harus ngeluarin banyak modal. Ya mungkin itu juga sebabnya disebut kreatif, biar kere tapi aktif haha. 

Berawal dari jalan-jalan ke pameran bareng temen, terus gak sengaja ngeliat benang kasur warna warni jadinya gemes dan pengen beli. Akhirnya beli lah yang warna hitam [apakah hitam termasuk warna gemes?:(] dan saat itu belum tau mau bikin apa. Tapi kemudian setelah diliat-liat lagi bahan craft apa aja yang tersisa, akhirnya memutuskan untuk membuat pin. 



Mulai dari alat, bahan, sampai cara membuat, semuanya bisa dibilang sederhana. Untuk lebih jelasnya, akan di jelaskan di bawah ini:


Alat dan bahan:

-Gunting
-Lem UHU (bisa pakai lem tembak)
-Peniti
-Jarum & benang kasur
-Tali rami


Cara membuat:

1. Pola dasar

Setelah alat dan bahan sudah siap, langkah pertama yang kita lakukan yaitu membuat pola untuk bentuk pin yang akan kita buat. Di sini kita bentuknya lingkaran, supaya mudah. Diameternya sendiri kurang lebih 6 cm.


2. Menjahit motif

Nah dilangkah yang ini bisa kita sesuaikan dengan keinginan dan kemampuan sendiri. Bisa dengan motif-motif sederhana seperti berikut atau mungkin yang lainnya. Nggak harus pakai teknik khusus kok, tapi di sarankan kita jangan terlalu kuat saat menarik benang dari kain karena kain goni ini bahannya nggak sekuat atau sepadat kain lainnya. Jadi takutnya malah nggak rapi hasilnya.


3. Membuat lapisan ke dua

Tujuan dari lapisan kain ke dua ini adalah untuk memperkuat dan mempertebal permukaan. Karena kalau hanya satu lapis mungkin hasilnya tidak akan maksimal. Untuk menempelkannya kita cukup pakai lem saja.


4. Memberi bingkai

Setelah kedua lapis kain ditempelkan. Sekarang saatnya memberi bingkai di bagian depan. Tujuannya untuk mempercantik tampilan motif tadi. Di sini kita menggunakan tali rami ya.


5. Memasang peniti

Step paling akhir dan paling penting, yaitu memasang peniti di bagian belakang. Kalau ingin praktis kita bisa pakai lem atau kalau ingin lebih kuat lagi bisa kita jahit menggunakan benang biasa. Pastikan peniti sejajar dengan motif yang ada di depannya ya, supaya nggak miring saat digunakan nanti.


Dan selesai! Hasilnya akan jadi seperti ini:



Kalau kita bikinnya dalam jumlah banyak, pin ini bisa dijadikan bisnis kecil-kecilan lho. Tinggal kita beri kemasan sebaik mungkin. Apalagi sekarang banyak orang yang senang dengan handmade merchandise.

Semoga postingan kali ini bermanfaat ya, terutama untuk yang senang dengan prakarya! <3


No comments:

Post a Comment