Saturday, April 6, 2019

Milenial Bukan Soal Gaya-gayaan Doang

Dari judulnya udah kelihatan ya kali ini kita akan bahas apa. Sebenernya sih agak nggak PD untuk angkat topik ini, tapi rasanya gatel juga pengen nulis tentang ini di blog.

Jadi belakangan ini aku cukup sering nyari tau tentang prilaku dan tren gaya hidup orang-orang di masa sekarang, ya sebut aja kalangan milenial ya. Tapi yang akan aku bahas di sini bukan tentang sisi buruknya. Karena aku yakin dari kita sendiri udah tau tentang itu. Jadi mungkin itu bisa kita bahas di forum lain. Sekarang kita chill aja dengan hal-hal positif yang akan banyak kita obrolin di sini. Oke. 


Pertama, sadar nggak sih kalau prilaku orang di masa serba media sosial ini mulai bergeser ke arah yang lebih kreatif? (inget ya, kita bahas yang positif-positif aja). Kreatif gimana nih maksudnya? Jadi bisa dibilang, sekarang hampir tiap individu tuh udah paham tentang arus lingkungan dan pergaulan yang mereka tempati. Kemudian mendorongnya untuk melakukan self development supaya bisa bertahan dan ikut maju dengan keadaan yang ada. Contohnya (biar gak bingung), ada orang yang buka usaha dengan melakukan kolaborasi dengan teman-teman yang interestnya sama kayak dia, apalagi ada media sosial yang berperan sebagai lapaknya. Urusan jadi terasa mudah.

Kedua, ternyata sekarang udah banyak lho anak-anak muda yang aware sama isu-isu lingkungan. Apalagi di tahun 2018-2019 ini lagi sering-seringnya kita denger tentang permasalahan sampah plastik. Dari situ muncul berbagai komunitas dan organisasi yang concern terhadap permasalahan tersebut, salah satunya yaitu Bye-Bye Plastic Bags yang berpusat di Bali. Tau gak kalau foundernya ini baru aja berusia 17 tahun tapi dia udah berhasil menyuarakan kampanye tentang bahaya dampak sampah plastik sampai ke beberapa negara, baik dalam maupun luar Asia! Namanya Melati Wijsen dan adiknya Bella berusia 15 tahun, mereka kakak adik blasteran yang tinggal di Bali. Kebetulan aku suka pantengin kegiatan mereka di instagram @byebyeplasticbags. Selain itu, berkat ide cemerlangnya ini mereka seringkali mendapat penghargaan internasional dan akhirnya pemerintah di Bali sekarang sudah melarang penggunaan kantong plastik di pusat-pusat perbelanjaan. Dan kebijakan ini perlahan mulai berkembang juga di beberapa kota besar di Indonesia. How cool!
Yang bikin heran, di saat ada orang-orang bule lagi giat-giatnya bersihin sampah di Indonesia kenapa orang-orang asli Indonesianya sendiri malah banyak yang nyela negaranya sendiri dan bercita-cita untuk bisa tinggal di luar negeri. hmm. hmm.

elfahaha juga sedang belajar untuk lebih cinta lingkungan. Uvvuuu 😆
Ketiga, ngobrolin gaya hidup. Sekarang di Indonesia sudah mulai bermunculan influencer-influencer yang menerapkan gaya hidup minimalis atau "minimalism lifestyle" (di youtube banyak). Di mana gaya hidup ini mendorong kita untuk menggunakan segala sesuatu sesuai kebutuhan, intinya meminimalisir hal-hal yang dianggap berlebihan dan tidak penting. Positifnya adalah mereka yang memegang prinsip minimalism ini jadi bisa save money lebih banyak daripada orang yang bukan pasukan minimalism. Mungkin karena mereka memang menjalani hidupnya ya sesuai kebutuhan aja, gak ada boros atau hal sia-sia yang kebangetan. Kalau di Islam mungkin sama kayak Qana'ah kali ya. Heheh, qana'ah lifestyle mashaAllah. Dan lagi, karena serba minimalis inilah yang akhirnya menjadikan mereka nyaman hidup serba zero waste. Keren kan?


Pertanyaannya adalah, kita bisa gak ya ambil salah satu contoh dari yang disebutin di atas untuk kemudian dijalankan dalam kehidupan sehari-hari? Yah, jangankan salah satu, sekaligus semuanya pun bisa! Yakin bisa. Tinggal atur-atur aja untuk memulainya. (nah ini masalahnya, bingung mulainya gimana el). huft.

Sebenernya ada banyak cara kok untuk memperbaiki circle kita. Intinya kita harus sadar dengan apa yang kita lakukan, tau baik buruknya dan tau tujuannya untuk apa. Bakalan tambah keren lagi kalau kita bisa selalu melibatkan Dia dalam setiap urusan kehidupan kita. Jadi baiknya bukan cuma di mata manusia aja, tapi juga di hadapanNya.

Dah ah. Segini dulu ya gengs.

Ada banyak yang pengen ditulis, tapi ini udah malem banget haha. Kapan-kapan kita lanjut bahas tentang ini lagi, mungkin akan dibikin part 2nya. LOL. Jangan lupa dikomen biar kita bisa sekalian diskusi juga.

Selamat menjalani hidup yang lebih baik!<3


No comments:

Post a Comment